Banner 468 x 60px

 

Rabu, 02 Mei 2012

SILABI PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI

0 komentar


1.      PENDIDIKAN PANCASILA  DAN KEWARGANEGARAAN (102G103)
Mempelajari pancasila, mengkaji nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila, UUD 1945 dan mengambil tata pelaksanaannya dalam lembaga Negara, sejarah petualangan bangsa, GBHN, dan Repelita serta pelaksanaannya.Pengantar, wawasan nusantara, ketahanan nasional, politik strategi nasional, politik, strategi pertahanan, keamanan nasional, serta system pertahanan.


2.      PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ISLAM  I – VIII) (101G101) 
Meningkatkan bobot pemahaman nilai-nilai Islam sebagai salah satu usaha guna meningkatkan daya evokatif akan tugas yang telah diamanatkan Allah SWT kepada manusia, yaitu sebagai khlaifah di bumi.  Melalui penerapan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari pada umumnya dan dalam kegiatan pertanian pada khususnya.


3.      ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR (107G102)
Pendahuluan, Manusia sebagai mahluk berbudaya, beretika, dan berestetika, Hakikat manusia sebagai individu dan makluk social, dinamika dan dilemma interaksi social, Hakikat manusia dan peradapan dan dinamika peradaban global, Hakikat manusia, keragaman dan kesetaraan dalam dinamika soaial budaya, Hakikat , fungsi, nilai,moral dan hokum dalam upaya mendapatkan keadilan, ketertiban dan kesejahteraan masyarakat, Makna sains, teknologi, dan seni dan dampak dan pemanfaatan teknologi di Indonesia. Hakikat dan makna lingkungan bagi kesejahteraan.

4.      BAHASA INDONESIA (103G102)
Bahasa Indonesia yang disempurnakan, penggunaan subjek, predikat, dan objek, menggunakan tata bahasa secara benar dalam penulisan ilmiah, bahasa Indonesia sehari-hari.

5.      BAHAS INGGRIS (123G102)
Review tentang tatabahasa Inggris (dibandingkan dengan tatabahasa Indonesia), reading skills (memahami tatabahasa dan isi bahan bacaan: jurnal, informasi teknis, buku, atau bentuk publikasi lainnya dalam bidang pertanian), writing skills (mampu menulis dan menerapkan tatabahasa yang benar baik dalam format surat bisnis, surat lamaran, ataupun laporan ilmiah yang berupa abstrak, ringkaran, dan poster).

6.      KIMIA DASAR ( 104G103)
Atom, unsur, molekul, tabel periode, hubungan masa dan kemurnian zat, massa dan reaksi kimia, susunan electron dan atom-atom, ikatan kimia, sifat fisik gas, cair, dan padat, perubahan keadaan asam, basa, reaksi ion, reaksi oksidasi.Orbital dalam ikatan kovalen.Isometri struktur, dan tatanama.Spektroskopi dan IR.Stereokimia.Senyawa hidrokarbon, alkohol, eter, dan amina.Resonansi dan aromatisitas.Alkil halida dan senyawa karbonil.Karbobhidrat, lemak dan protein.

7.      FISIKA DASAR (105G103)
Satuan dasar dan vektor, persamaan-persamaan gerak lurus dan lengkung, Hukum I, II, III Newton, kerja, gaya konservatif, daya, momentum, dan gaya sentral. Sistem zarah, kinematika dan dinamika benda tegar, serta torka.Getaran, gelombang, bunyi dan elastisitas. Mekanika fluida: statika dan dinamika. Kalorimetri, pemuaian, panas laten, perpindahan panas, dan hukum termodinamika.
Elektrostatika: Kuat medan dan potensial listrik, kapasitor. Elektrodinamika: Tahanan, hukum ohm, untai listrik DC, kemagnetan, arus bolak-balik, dan harga RMS. Optika: Gelombang elektromagnet, cahaya, interferensi, dan difraksi. Teori foton, gelombang de Broglie, atom sederhana, atom kompleks, zat padat, dan zarah elementer.


8.      BIOLOGI DASAR (106G103)
Biologi sebagai ilmu. Organisasi kehidupan: bahan kimia, molekul, dan organisme. Pembagian organisme dalam hubungannya dengan pertanian. Dunia tumbuhan khususnya spermatophyta: sitologi, histologi, dan organologi tumbuhan. Identifikasi, klasifikasi tumbuhan dan peranannya di bidang pertanian. Zoologi: pendahuluan. identifikasi, klasifikasi (invertebrata, vertebrata), peran dan arti penting hewan dalam pertanian berbasis tumbuhan/tanaman. Organisasi tubuh, fisiologi.


9.      MATEMATIKA (108G102)
Sejarah matematika, matematika pertanian, gugus, pengolahan gugus, sifat aljabar gugus, aljabar pernyataan, induksi matematika, macam-macam fungsi, limit, turunan fungsi, kontinuitas, penerapan turunan, diferensial, optimalisasi, integral dasar, integrasi fungsi rasional, integral parsial, penerapan integral tertentu, persamaan diferensial, penerapan persamaan diferensial.

10.  STATISTIK (204G103)
Ruang lingkup dan kegunaan statistika. Penyajian data, daftar frekuensi, histogram dan dahan-daun, diagram kotak, garis dan pancaran titik. Kaidah peluang.Pembahasan mengenai populasi dan contoh.


11.  PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER (122G102)
Microsoft windows, microsoft word, Microsoft excel, mikrosoft power point, pengenalan internet, pengenalan statistik

12.  PENGANTAR AGRIBISNIS (202G102)

Ruang Lingkup, ASpek Produksi Petanian, Aspek Pengolahan Hasil Pertanian, Aspek pemasaran Hasil pertanian, Aspek Penunjang, Pengembangan Agribisnis dalam Perpectif Pengembangan Pertanian yang berkelanjutan, Agribisnis di Indonesia dalam menghadapi perdagangan Global.

13.  PENGANTAR ILMU PERTANIAN (109G102)
Pengantar Ilmu Pertanian ditujukan agar mahasiswa memahami tentang pengertian ruang lingkup dan perkembangan pertanian, unsur-unsur dan sistem pertanian, peranan pendidikan pertanian dan penerapan ilmu serta teknologi dalam pembangunan nasional, masalah lahan kering dan pengelolaannya, pertanian sebagai sub sektor pembangunan nasional,  pengembangan agribisnis dan agroindustri dalam peningkatan pendapatan masyarakat, masalah sumber daya alam dan lingkungan hidup dalam hubungannya dengan aktivitas pertanian, Perubahan paradigma dalam pembangunan pertanian, pertanian dan perdagangan bebas serta berbagai perundang-undangan pertanian, pertanian masa depan dan kebijakan nasional, serta kesepakan global di bidang pertanian.


14.  BIOKIMIA TANAMAN (124G103)
Biokimia Tanaman dirancang untuk memahami proses kehidupan organisme khususnya tanaman pada tingkat molekuler. Pembahasan ditekankan pada molekul (senyawa kimia) yang terlibat dalam proses kehidupan terutama pertumbuhan tanaman yang disebut dengan biomolekul. Aspek ini terdiri dari jenis, fungsinya serta mekanisme pembentukan (anabolisme) dan penggunaannya atau prombakannya (anabolisme) yang keduanya dikenal dengan metabolisme., ensim, DNA, dan RNA, metabolisme dan fungsi biologis karbohidrat, lipida, asam amino dan peptida (protein), serta alur informasi genetika.

15.  DASAR-DASAR MANAJEMEN ( 129G102)

Pengertian dan definisi, Manajemen sebagai Ilmu, Seni pan Profesi, Manajemen dan multi Disiplin, Manfaat mempelajari manajemen, Perkembangan teori manajemen, Manajemen dan manajer, Fungsi manajemen: Perencanaan, pengorganisasian , staffing aktuasi, Kepemimpinan, Pengawasan, Inovasi dan Representasi, Pengambilan Keputusan.

16.  BOTANI  TANAMAN (125G103)
Pengenalan sel tanaman, jaringan, dan organ tumbuhan secara anatomis, morfologis. Fungsi sel, jaringan, dan organ.Reproduksi tumbuhan. Identifikasi dan klasifikasi tumbuhan; variasi karena gen dan lingkungan; seleksi alami dan buatan, perjuangan hidup dan evolusi tumbuhan


17.  EKOLOGI PERTANIAN (226G103)
Pengertian dan ruang lingkup Ekologi. Pembagian dan komponen ekologi, Ekosistem, produksi dan dekomposisi. Populasi, komunitas dan suksesi, Siklus biogeokimia. Distribusi, fungsi dan adaptasi tanaman, Pengaruh lingkungan (abiotik dan biotik) terhadap pertumbuhan tanaman, kompetisi dan alelopati, diversifikasi tumbuhan (hayati), Sistem Pertanian Berkelanjutan.

18.  TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH (402G102)
Realita, pengetahuan, dan kebenaran.Pengetahuan dan ilmu pengetahuan.Deduksi dan induksi.Postulat, hipotesis, teori, hukum, dan aksioma.Filsafat, etika, danm tahapan metode (penelitian) ilmiah. Tulisan ilmiah: cirri, bahan tulisan, kelompok sasaran; Teknik Penulisan Usulan/ Hasil Penelitian: penyusunan abstrak, pendahuluan, tinjauan pustaka, metode penelitian, hasil, pembahasan, daftar pustaka, penyajian tabel dan gambar. Teknik Penyajian Hasil Penelitian: penulisan makalah, penyiapan alat peraga, penyampaian makalah.

19.  DASAR-DASAR AGRONOMI  (126G103)
Pengertian pertanian dan agronomi beserta ruang lingkup dan peranannya dalam pembangunan pertanian, asal penyebaran dan penggolongan tanaman pertanian, Struktur morfologi dan fungsi tanaman, macam sistem pertanian, Konsep aliran energi dan efisiensinya, Pertumbuhan dan perkembangan tanaman, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, pembukaan dan konservasi lahan, Pertanian Ramah Lingkungan, perbanyakan tanaman, teknik budidaya tanaman, Sistem budidaya tanaman ganda, panen dan persiapan pasca panen.


20.  DASAR-DASAR ILMU TANAH (127G103)
Mengkaji makna tanah dalam kehidupan.Peran tanah dalam kehidupan.Pengertian dan ruang lingkup ilmu tanah.Pembentukan dan perkembangan tanah.Komponen penyusun tanah.Batuan dan mineral (macam batuan dan kandungan mineral primernya, penggolongan mineral, macam dan sifat mineral lempung).Sifat fisika tanah.Sifat kimia tanah.Organisme dan bahan organik tanah.Dasar-dasar kesuburan tanah dan pemupukan.Dasar-dasar pengawetan tanah dan air.Dasar-dasar tata guna lahan.Penggolongan tanah secara garis besar.


21.  GENETIKA (128G102)
Pengertian dan sejarah perkembangan genetika, siklus hidup dan perkembangan tanaman, pembelahan sel. Genetika Mendel dan penyimpangannya, pautan gene dan pemetaan.Strnktur dan replikasi DNA, ekspresi gene (transkripsi dan translasi) Ekspresi tingkat kromosom (euploid, uneuploid), pewarisari ekstrakromosomal.Pengaturan aktivitas gene (sistem operon, mating type).Genetika sifat sifat metriks.Determinasi dan diferensiasi sek.

22.  DASAR-DASAR PERLINDUNGAN TANAMAN (205G103)
Pemahaman tentang arti penting perlindungan tanaman dalam pembangunan. Pengertian tentang hama, patogen, dan gulma. Dasar-dasar bioekologi perusak tanaman. Perkembangan konsep dan sistem perlindungan tanaman beserta dampak dan implikasinya: pemberantasan, pengendalian, dan pengelolaan. Pertimbangan ekonomi dalam pengelolaan, strategi dan taktik perlindungan tanaman. Kebijakan perlindungan tanaman dan masalah aktual.

23.  PENGANTAR BIOTEKNOLOGI PERTANIAN ( 206G103)
Bioteknologi dan penerapannya dalam kehidupan manusia,Perbanyakan tanaman melalui kultur jaringan dan sel, serta produk-produk yang dihasilkan dari cara perbanyakan tersebut (metabolit sekunder dan lain-lain). Perbaikan genetik tanaman menggunakan teknik-teknik yang dikembangkan dalam rekayasa genetik, perbanyakan mikroorganisme untuk skala industri, perbaikan genetik mikroorganisme dengan teknik rekayasa genetik, penggunaan mikroorganisme untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman serta untuk menjaga/memperbaiki kesuburan tanah. Peraturan-peraturan yang berkaitan dengan penggunaan produk bioteknologi serta keamanan (safety) dalam pengembangan, pembuatan dan penggunaan produk bioteknologi.


24.  AGROKLIMATOLOGI (207G103)
Pengetahuan dasar tentang klimatologi; atmosfir, hubungan antara unsur-unsur cuaca/iklim (radiasi matahari, panas dan suhu, tekanan udara, angin, kelembaban udara, evaporasi, awan, dan presipitasi) dan faktor-faktor cuaca/iklim serta alat pengamatannya.Berbagai macam metode dan klasifikasi iklim (Koppen, Schmidt-Ferguson dan Oldeman) serta iklim Indonesia. Pembahasan mendetail dibahas mengenai pengaruh cuaca/iklim terhadap tanaman. Dampak iklim terhadap pembangunan. Hujan buatan untuk mengatasi kekeringan.

25.  KEWIRAUSAHAAN (324G102)
Pendahuluan, Dorongan Keinginan Menjadi wirausaha, Agribisnis menjadi lokomotif dalam wirausaha, Minat dan Inovasi berwirausaha dalam lingkup sector Pertanian, Karakter dan sifat yang perlu dimiliki oleh wirausahawan, Aspek keuangan, Aspek resiko Usaha dan Aspek kelayakan, Usaha Agribisnis, Ketentuan Pembiayaan investasi dalam Agribisnis.


26.  SOSIOLOGI MASYARAKAT PEDESAAN DAN PERKOTAAN (322G102)
Pendahuluan, Kelompok social, Interaksi dan Proses social, Masalah social dan manfaat sosiologi, Gender, Masyarakat Pedesaan di Indonesia, Modernisasi, Peranan Keluarga dan proses sosialisasi, Sosiologi keluarga.

27.  PERANCANGAN PERCOBAAN (225G103)
Uji homogenitas dua varian (distribusi F), teori contoh untuk uji homogenitas banyak rerata dan analisis varian. Pengertian istilah dalam rancanagn percobaan, model linier (acak sempurna, acak berblok lengkap, bujur sangkar latin), asimsi dalam analisis varian, pengujian, dan transformasi data, perbandingan antar rerata (tidak berstruktur, pembandingan orthogonal, analisis kecenderungan). Percobaan faktorial pengertian rancangan perlakuan vs. rancangan lingkungan, pengaruh sederhana, utama, dan interaksi. Model acak, pasti, dan campuran. Rancangan perlakuan dengan perpautan beraras bilangan prima. Percobaan petak terbelah, pengamatan berulang, dan variasinya.Analisis kovarian.

28.  DASAR-DASAR PENYULUHAN  DAN KOMUNIKASI PERTANIAN (203G103)
Pengertian penyuluhan pertanian dan komunikasi pertanian, Konsep dasar penyuluhan, Tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip penyuluhan pertanian, unsur-unsur penyuluhan pertanian Program Penyuluhan pertanian, Penyuluhan Pertanian partisipasif, Etika dalam penyuluhan, unsur-unsur dan proses komunikasi, kelembagaan penyuluhan dan komunikasi pertanian, Difusi, adopsi dan inovasi pertanian, keefektifan komunikasi, bentuk komunikasi, teori dan model komunikasi, Produksi dan Desiminasi Keefektifan komunikasi, Pengambilan keputusan inovasi,Strtifikasi social dan perubahan social.

29.  AGROHIDROLOGI (228G103)
Pendahuluan (fungsi dan manfaat pengelolaan air), tanah dan air dalam hubungannya dengan pertumbuhan tanaman (sifat tanah-air-tanaman, tegangan air, lengas tersedia, gerakan air), kebutuhan air tanaman (penguapan, transpirasi, evapotranspirasi, pengukuran
evapotranspirasi, penggunaan data kebutuhan air dalam perencanaan), pengelolaan air padi sawah (konsep pengelolaan air, cara dan efisiensi pemberian air), pengukuran dan penyaluran air pengairan (penyaluran air, dimensi saluran), pengatusan pertanian (pasang surut, perencanaan sistem drainase),
Pengelolaan fisika, hayati dan kimiawi tanah. Sistem pertanian (lahan kering, peladangan berpindah, sistem sawah, sistem surjan, sistem multiple cropping, monoculture, budidaya lorong, dan sebagainya). Pengelolaan tanah bermasalah (tanah gambut, tanah sulfat masam, tanah salin, sodik, tanah mineral masam/podsolik merah kuning, dan sebagainya).

30.  EKSTRA KOKURIKULER (404G101)
Kegiatan penyaluran bakat dan minat mahasiswa di bidang olah raga, kesenian, dan keterampilan di bidang pertanian.

31.  FISIOLOGI PASCA PANEN (326G103)
Pendahuluan, fisiologi pasca panen, produk hortikultura, pengaturan kemasan dan penuaan, panen dan penanganan sayur-sayuran, buah-buahan dan tanaman hias, kerusakan fisiologi dan peyakit pada produk hortikultura, penggunaan dan disiliasi sayur-sayuran, buah-buahan dan tanaman hias.

32.  FISIOLOGI TUMBUHAN  (208G103)
Pengertian dan ruang lingkup fisiologi tumbuhan, sel dan organela sel, gerakan partikel berupa difusi, omosis dan imbibisi. Peran air bagi tumbuhan, penyerapan dan pengangkutan air serta, transpirasi. Dalam metabolisme dibahas ensim, fotosintesis dan respirasi Fotosintesis  mencakup reaksi cahaya, reaksi gelap dan faktor-faktor yang berpengaruh. Respirasi : mencakup glikolisis, siklus kreb,  faktor-faktor yang berpengaruh dan respirasi cahaya. Pengangkutan hasil fotosintesis, jalur dan teori pengangkutan.Fiksasi karbon oleh Tajuk Tanaman, Transport dan Pembagian Hasil, Fiksasi N Secara Biologis, Analisis Kuantatif pertumbuhan: meliputi cara pengamatan, perhitungan. Hubungan antar variabel pengamatan kaitannya dengan hasil. Faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap proses fisiologis, pertumbuhan dan hasil tanaman berupa air, cahaya, dan suhu.

33.  PEMULIAAN TANAMAN (306G103)
Siklus hidup dan reproduksi tanaman, pertumbuhan bunga, penyerbukan dan pembuahan. Keanekaragaman tanaman, domestikasi dan introduksi. Metode dasar pemuliaan tanaman, pengertian heritabilitas dan kemajuan seleksi. Produksi benih dan perbenihan, perlindungan varietas. Strategi dalam pemuliaan tanaman, cara memperoleh varietas unggul baru, pelaksanaan pemuliaan tanaman menyerbuk sendiri dan bersilang (kelebihan dan kekurangan untuk setiap metode). Perhitungan heritabilitas dari varian keturunan dan komponen varian, realized heritability, kemajuan seleksi, pendugaan daya gabung umum dan khusus.


34.  ILMU DAN TEKNOLOGI BENIH (222G103)
Reproduksi tanaman secara alamiah dan intervensi teknologi benih, Pengertian  tentang Teknologi Benih dan istilah-istilah dalam perbenihan,   Pengertian   Viabilitas  dan  Vigor Benih,  Metode  Pengujian dan Evaluasi Kualitas Benih     (kualitas  genetik, fisik, fiologi dan biokimia),  Pemecahan dormansi,  Cara      pengelolaan  benih tanaman budidaya dan tanaman non budidaya, Teknologi     Produksi Benih  tanaman menyerbuk silang dan tanaman menyerbuk sendiri,  Teknologi prosesing  benih ortodoks dan recalcitrant,  Teknologi      penyimpanan /pengemasan benih  ortodoks  dan   recalcitrant, dan Sertifikasi benih.




35.  PENGENDALIAN HAMA  DAN PENYAKIT TERPADU (223G103)
Pengenalan unsur alami, metode pengendalian dengan kultur teknis, keseimbangan ekologi, siklus hidup beberapa hama penting, ambang ekologi dan dinamika populasi.Konsep Pengelolaan Hama Terpadu, Aras Keputusan Ekonomi Pengendalian Hama, Agroekosistem, dinamika populasi.Sistem Pemantauan Ekosistem dan Teknik Pengamatan.Teknik Pengendalian OPT dengan sistem Budidaya Tanaman, fisik/ mekanik, varietas tahan, pengendalian hayati, pestisida kimia.Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan organisme perusak komoditi pasca panen dan pengendaliannya.Peranan karantina tumbuhan.


36.  MEKANISASI PERTANIAN (224G103)
Mempelajari pengertian ruang lingkup fungsi dan tujuan mekanisasi pertanian.   Menjelaskan spesifikasi alat dan mesin yang sesuai dalam budidaya pertanian dan pasca panen serta perhitungan kapasitas alat dan mesin pertanian. Dibahas juga prinsip-prinsip pemilihan alat dan mesin pertanian. Alat pemeliharaan Pertanaman: jenis, bentuk, kapasitas, dan perencanaan aplikasinya. Alat panen: jenis, bentuk, kapasitas, dan perencanaan aplikasinya.


37.  MIKROBIOLOGI PERTANIAN (325G103)
Sejarah mikrobiologi.Mikrobiologi sebagai faktor bioik lingkungan, peranan mikroba dalam budidaya tanaman.Pertumbuhan dan perkembangbiakan virus, bakteri, cendawan/jamur.Sterilisasi dan pasteurisasi.Mikroba, faktor-faktor yang mempengaruhinya.Teknik identifikasi dan pemurnian virus, bakteri, cendawan.Bioekologi mikroba penting sebagai mikroba tanah, mikroba pathogen tanaman, mikroba agen pengendalian hayati, mikroba pangan.

38.  BUDIDAYA TANAMANSEMUSIM DAN PANGAN (302G103)
Pengertian, pengelompokan, sifat-sifat kusus tiap kelompok tanaman semusim.Pengaruh faktor genetik, edafik, klimatik dam fisiografik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman. Faktor genetik membicarakan sifat-sifat dan cara memperoleh varietas unggul. Faktor edafik mencakup kesuburan, faktor klimatik meliputi curah hujan suhu, dan cahaya.Faktor fisiografik membicarakan pengaruh topografi dan letak lintang kaitannya dengan hasil tanaman.Cara dan sistem budidaya tanaman meliputi pesemaian, penanaman, pola dan sistem tanam serta, pemeliharaan.Cara budidaya tebu, tembakau, tanaman serealia, tanaman kacangan, tanaman serat dan tanaman umbi-umbian.

39.  BUDIDAYA TANAMAN HORTIKULTURA (303G103)
Pengertian hortikultura, ciri tanaman dan budidaya hortikuktura.Perkembangan hortikultura di Indonesia dan dunia.Botani tanaman hortikultura.Fase pertumbuhan dan manipulasi mengatur keseimbangannya.Teknologi produksi tanaman hortikultura (persemaian, stek, budidaya wadah, pemangkasan, pemaksaan pembungaan, irigasi tetes, curah, dll).Mutu hasil dan pemasaran hortikultura.Bangunan tanam.Apek pekarangan dan usaha intensifikasi untuk meningkatkan gizi dan taraf hidup masyarakat. Sistem hidroponik ; pertanian organik (hortikultura).  Budidaya tanaman hortikultura penting.


40.  PENGENDALIAN GULMA (304G103)
Klasifikasi gulma.Biologi, perkecambahan, pertumbuhan, penyebaran, dan perkembangbiakan gulma serta faktor lingkungan yang mempengaruhinya.Persaingan gulma dengan tanaman, serta faktor yang mempengaruhi persaingan gulma dengan tanaman.Penurunan produksi akibat keberadaan gulma, serta periode kritis persaingan gulma dengan tanaman. Gulma air, kelebihan dan kekurangan dan berbagai cara pengendalian gulma. Herbisida, penggunaan herbisida dalam pengendalian gulma.Pengendalian gulma pada berbagai tanaman budidaya.Cara-cara pengendalian gulma.  Klasifikasi dan sifat serta pengggunaan herbisida dalam pertanian.  Gulma dan pengendalian gulma pada tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan penting di Indonesia.



41.  BUDIDAYA TANAMAN PERKEBUNAN (305G103)
Pengertian, pengelompokan, sifat-sifat khusus dan syarat tumbuh tiap kelompok tanaman tahunan.Cara dan sistem budidaya tanaman mencakup pembukaan lahan, pembibitan, penanaman, pemeliharaan, pemangkasan, pohon pelindung, tanaman penutup tanah, diversifikasasi tanaman dan perlindungan tanaman serta pemungutan hasil. Cara pembukaan dan konservasi lahan, pembuatan lobang tanam , pola jarak tanam, dan penanaman bibit. Pemeliharaan tanaman mencakup penjarangan, pemupukan dan dan pendangiran. Pemangkasan meliputi bentuk, cara dan tujuan pemangkasan. Macam dan kelemahan pohon pelindung dan penutup tanah.


42.  NUTRISI TANAMAN (323G103)
Pengertian dan konsep nutrisi tanaman. Fungsi hara (makro dan mikro) dan ketersediaannya bagi tanaman. Rizosfer, absorpsi hara. Fisiologi tumbuhan yang berhubungan dengan aliran hara dan air. Fiksasi nitrogen secara simbiotik dan nonsimbiotik. Bionutrisi (pupuk kandang, mikoriza, bakteri pelarut fosfat, dll). Hara dan transpornya dalam kaitan “source-sink”. Serapan hara oleh daun dan bagian aerial tanaman yang lain. Stres hara dan respon genotipik.Penyerapan unsur hara oleh akar dengan menkanisme pasif dan aktif. Pengangkutan dan penyebaran unsur hara di dalam tubuh tanaman, penyerapan hara lewat daun, pengaruh dan gejala kekahatan dan kelebihan hara.,  Mikoriza.

43.  PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN LIMBAH (227G103)
Permasalahan limbah organik baik dalam rumah tangga ataupun limbah pertanian sebagai  energy (arang briket/listrik),  pemanfaatan limbah pertanian sebagai pakan  ruminansia, Pemanfaatan limbah   pertanian sebagai pupuk organic , Pemanfaatan limbah kotoran   ternak/manusia sebagai sumber  energi  dan  pupuk organic. Pengelolaan dan pemanfaatan  limbah industri  rumahtangga (tahu/tempe).

44.  PERANCANGANSISTEM PERTANIAN TERPADU (307G103)
Deskripsi wilayah (bio-fisik dan social ekonomi), Sistem pertanian terpadu pada lahan sawah irigasi, Sistem pertanian terpadu  pada lahan tadah  hujan di kawasan padat/kurang padat  penduduk,  Sistem pertanian terpadu di kawasan pinggiran kota, Sistem pertanian terpadu  pada dataran tinggi di kawasan padat dan kurang padat penduduk,  Sistem pertanian terpadu  di wilayah pemukiman kawasan pantai, Sistem pertanian terpadu  pola pekarangan  di wlayah  pedesaan dan perkotaan.


45.  BIOTEKNOLOGI (411G103)
Arti Bioteknolgi Tanaman secara luas, macam dan fungsi kultur jaringan, kultur jaringan dalam pemuliaan, industri bibit, industri bio farma, prinsip tanman transgenis, rekombinasi DNA, komponen rekombinasi DNA, teknik tranformasi, teknik pelacakan, keamanan hayati (biosafety), produk GMO dan perkembangannya

46.  RISET OPERASI (331G103)
Pendahuluan, Program Linear, Metode  Simplex, Metode Transportasi, Swot Analysis, AHP (Analytical Hierarchi Proces), Markov Chain (MC), Metode Infortance Performance, Analaysis (IPA)


47.  PRODUKSI BENIH TANAMAN (332G103)
Reproduksi  benih tanaman  budidaya dan non budidaya,  tanaman penyerbuk silang dan tanaman menyerbuk sendiri,  Penentuan kelayakan lokasi produksi dari  segi bio-fisik dan social-ekonomi, Isolasi wilayah produksi benih baik dari segi jarak ataupun dari segi waktu tanam, untuk mencepah kontaminasi dengan varietas lain, Penentuan waktu tanam yang tepat ditinjau dari segi iklim/ketersediaan air an sinkronisasi pembungaan, Penentuan populasi tanaman yang tepat, takaran  dan jenis  pupuk serta pengendalian gulma, Roguing  pada awal vegetative    dan reproduktif, Penentuan waktu panen yang tepat,dan  seleksi tanaman yang menyimpang , Prosesing hasil (pengeringan dan sortasi biji), seleksi hasil yang  menyimpang, dan  pengemasan,  Testing kualitas hasil, penjualan dan  penyimpanan, Sertifikasi benih.


48.  TEKNOLOGI PASCA PANEN PRIMER (333G103)
Pengertian tentang arti penting penanganan pasca panen hasil hortikultura, perubahan mengenai struktur dan kompodisi kimi hasil hortikultura, panen pematangan buah, respirasi klimakterik, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap umur simpan hasil hortikultura, penanganan dan penyimpangan.Penanganan hasil-hasil tanaman semusim dan hortikultura untuk memperpanjang masa simpan hasil segar mulai dari pra panen hingga sampai konsumen. Fisiologi pasca panen, indeks kematangan, cara-cara perlakuan, cara pencegahan penyakit pascapanen dibahas dalam kuliah ini. Termasuk penanganan khusus untuk masing-masing hasil tanaman contoh dari tanaman pangan, sayur-sayuran, buah-buahan, dan bunga-bungaan. Teknik penanganan secara segar terhadap produk hortikultura, pengemasan dan sortasi, cara-cara pembuatan hasil olahan sederhana, selai pengalengan, dan lain-lain.

49.  SEMINAR PROPOSAL (403G101)
Penyiapan dan penyampaian proposal penelitian yang akan dilakukan oleh mahasiswa di hadapan forum ilmiah, di bawah bimbingan dua orang dosen pembimbing skripsi dan  dosenPenguji.


50.  SEMINAR HASIL PENELITIAN (421G101)
Mendiskusikan suatu masalah dalam bidang budidaya pertanian dalam bentuk formal dan sekaligus mencari solusi pemecahan suatu permasalahan.

51.  KULIAH KERJA LAPANGAN PLUS (KKLP) (405G104)
Bentuk kegiatan dapat berupa magang di suatu instansi pemerintah/swasta (± 1 bulan), studi tour (kunjungan ke objek-objek pertanian), atau berupa pengabdian kepada masyarakat, baik dalam bentuk penyuluhan dan motivasi terhadap pembangunan atau kegiatan kemasyarakatan yang bermanfaat.
Pengamatan terhadap masalah dan proses budidaya pertanian pada perusahaan atau lembaga pertanian, serta pemaparan dan pengajuan alternatif pemecahannya dalam bentuk suatu tulisan ilmiah di bawah bimbingan dua orang atau lebih dosen pembimbing.  Mahasiswa berkesempatan berinteraksidenganmasyarakatdanmenyampaikan/menerapkan ilmu yang dimilikinya.


52.  SKRIPSI (423G104)
Studi mengenai peranan berbagai faktor produksi terhadap produksi tanaman dalam kaitannya dengan tindakan budidaya di kebun percobaan atau di laboratorium, serta menuliskan hasilnya dalam bentuk tulisan ilmiah di bawah bimbingan dua orang dosen pembimbing.
Karya tulis ilmiah hasil penelitian di laboratorium dan di lapangan yang dipresentasikan dalam kolokium serta dipertanggungjawabkan dalam ujian akhir.


0 komentar:

Posting Komentar